Pengaruh Electronic Word Of  Mouth Communication Terharap Keputusan Pembelian Pengikut Akun Instagram @Mixue.Rangkasbitung Tahun 2023

Authors

  • Andini Dwi Rizkyawati Serang Raya University, Serang, Indonesia
  • Liza Diniarizky Putri Universitas Serang Raya
  • Dwi Nurina Pitasari Universitas Serang Raya

Keywords:

AIDDA, EWOM, Instagram , Keputusan pembelian

Abstract

Penggunaan sosial media telah mengubah cara konsumen dalam berkomunikasi, dimana kini konsumen dapat berbagi pengalamannya dalam menggunakan suatu produk, jasa atau brand melalui media sosial. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh electronic word of Mouth communication terhadap keputusan pembelian pengikut akun instagram @mixue.rangkasbitung dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif dan teori AIDDA. Populasi dalam penelitian berjumlah 3.611 dengan sampel sebanyak 360 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik penyebaran kuesioner menggunakan skala ordinal. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai thitung sebesar 16,434 dan ttabel sebesar 1.966 dengan nilai signifikansi sebesar (0,001) < (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian terdapat pengaruh electronic word of Mouth communication terhadap keputusan pembelian pengikut akun instagram @mixue.rangkasbitung. Untuk besarnya pengaruh berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang telah dilakukan maka dapat diketahui nilai Rsquare sebesar 0,430 dengan artian pengaruh electronic word of Mouth communication terhadap keputusan pembelian pengikut akun instagram @mixue.rangkasbitung adalah sebesar 43,0% sedangkan 57,0% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta Selatan : MediaKita.

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Creswell, J. W. (2014). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Elida, T, dan Raharjo A. (2019). Pemasaran Digital. Bogor : PT. Penerbit IPB Press

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.

Goldsmith, dkk (2008). Electronic Word Of Mouth, E- Commerce. Florida : Idea Grup Reference Global.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pusaka Ilmu.

Hennig- Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. (2004). Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing, 18 (1): 38-52.

Indrawan, R, Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y., Slade, E., & Williams, M (2017). Electronic Word of Mouth (e-WOM) in Marketing Context : A State of the Art Analysis and Future directions. New York City : Spinger Internasional Publishing.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

_______________________________, (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Alih Bahasa : Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.

_______________________________, (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Neuman, W. L. (1994). Social research methods : qualitative and quantitative approaches / W. Lawrence Neuman. Boston : Allyn and Bacon.

Prajarini, D. (2020). Media Sosial Periklanan – Instagram. Yogyakarta : Deepublish.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : Pustaka Setia.

Purwanto, D. (2011). Komunikasi Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Rakhmawati, Y. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Surabaya : Putra Media Nusantara.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. Indeks.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Shimp, T. A. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Salemba Empat.

Silverman, George. (2001), The Secret Of Word Of Mouth Marketing : How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word Of Mouth. United States Of America : Amacam.

Suartina I. W., dkk (2022) Intensive Distribution and Social Media Promotion on Brand Loyalty and E-WOM. Internasional Journal of Data and Network Science, 6 (2).

Sugiyono, Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan cara munah menulis artikel pada jurnal internasional). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi A. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto. Jakarta : Rineka Cipta.

Sunyoto (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS:Yogyakarta.

Tjiptono (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Pengaruh Electronic Word Of  Mouth Communication Terharap Keputusan Pembelian Pengikut Akun Instagram @Mixue.Rangkasbitung Tahun 2023. (2025). Journal of Digital Communication and Public Relations, 1(1), 13-20. https://ojs.politeknikhas.ac.id/index.php/JDCPR/article/view/9